Kamis, 30 Mei 2013

Syntax Contoh Pilihan Majemuk

 MENENTUKAN KETERANGAN SEBUAH NILAI

program kelompoknilai;                              { pilihan majemuk = 2 alternatif }
uses wincrt;                                       
var
   nilai : integer;
   ket   : string;
   huruf : char;

begin
     writeln ( 'Program Kelompok Nilai');
     writeln ( '______________________');
     writeln;
     writeln ('masukkan nilai (0-100)=');
     readln (nilai);
     if (nilai >= 80) then                         { if kondisi 1 then         }begin                                                       {     statement 1           }
     huruf := 'A';                                       {  else                     }
     ket   := ('Lulus');                               {  if kondisi 2 then        }
end                                                          {     statement 2           }
else                                                         {  else                     }     if (nilai >= 70) then                         {     statement berikutnya. }begin
     huruf := 'B';
     ket   := ('Lulus');
end
else
     if (nilai >= 60) then
begin
     huruf := 'C';
     ket   := ('Lulus');
end
else
     if (nilai >= 50) then
begin
     huruf := 'D';
     ket   := ('Tidak Lulus');
end
else
begin
     huruf := 'E';
     ket   := ('Tidak Lulus');
end;
    writeln;
    writeln ('nilai huruf =',huruf);
    writeln ('keterangan =',ket);
    readln;
end.



1 komentar: